Selamat Idul Fitri

Selamat Idul Fitri
Idul Fitri

Rabu, 10 Mei 2017

MAKAN “BESAPRAH” WARISAN BUDAYA MELAYU SAMBAS YANG TERLUPAKAN

Info Sambas - MAKAN “BESAPRAH” WARISAN BUDAYA MELAYU SAMBAS YANG TERLUPAKAN Melayu Sambas, memang tidak asing terdengar ditelinga kita. Apalagi kata Sambas yang memang terkenal baik dalam bidang adat budayanya. Mulai dari tarian, kerajinan tangan, sampai nama Imam Besar yang mendunia. Berbicara tentang etnis melayu terutama etnis Melayu Sambas, tentu tidak lepas dari budaya atau adat istiadat dalam hal makan. 

Hal ini tercermin dari adanya budaya atau kebiasaaan makan bersama baik dalam acara tertentu atau sehari – hari dirumah. “ Besaprah” atau “ Nyaprah” salah-satunya, yang merupakan suatu kebiasaan makan bersama yang biasanya terdiri dari enam orang dengan lauk terpisah yang dimakan bersama-sama. Besaprah merupakan salah satu warisan budaya Melayu Sambas yang mencerminkan kebersamaan dan mengandung filosofi-filosofi serta mengandung kearifan lokal yang mencerminkan kehidupan sehari-hari. 

Dalam makan “besaprah”, satu saprah ( 1 kelompok makan ) terdiri dari enam orang dengan 6 buah piring dan satu baskom atau satu bakul kecil nasi, dan dilengkapi dengan berbagai lauk pauk serta dengan 6 gelas air minum serta lengkap dengan alat cuci tangan dan lap tangan. Makan besaprah merupakan budaya warisan leluhur yang saat ini mulai tergeser oleh budaya luar yang masuk.

Tentu hal ini lama-kelamaan akan menghapus budaya dan kearifan lokal dan pastinya generasi muda tidak akan kenal dan tau dengan warisan budaya nenek moyangnya. Makan besaprah dalam kehidupan Melayu Sambas biasanya dilaksanakan di acara-acara hajatan seperti “ Tappong Tawar “ ( Selamatan Bayi ), Nikahan, Sya’banan, atau acara lain yang sifatnya tamu diundang untuk makan bersama. Namun dalam adat tradisi dan budaya Melayu Sambas, makan besaprah juga dilakukan dirumah ketika makan bersama keluarga.
Hal ini tentunya akan mempererat ikatan kekeluargaan dengan makan bersama. Semoga warisan budaya Melayu Sambas khususnya “Makan Besaprah” ini akan selalu lestari dan memperkaya budaya negara Indonesia. 
 Mari kita lestarikan Budaya Makan Besaprah Melayu Sambas.

0 komentar:

Posting Komentar